Budidaya Ikan Lele Yang Baik Dan Benar

Sesuaikan pakan ikan dengan kebutuhan, umumnya seekor ikan lele membutuhkan pakan three – 6 % dari bobot tubuhnya per hari. Ada juga yang merendam bibit lele dalam larutan KM5N04 selama kurang lebih 10 menit untuk mensterilkan setiap penyakit dan juga hama yang melekat pada tubuh bibit lele. Sementara fitoplankton juga berperan sebagai makanan alami lele. Untuk pemupukan sendiri bisa di gunakan pupuk organik berupa pupuk kandang maupun kompos yang dicampur dengan pupuk anorganik seperti urea dan TSP.

Bagaimana cara berternak lele

Harganya pun lebih terjangkau dengan harga jual yang cukup tinggi. Jadi, keuntungan yang bisa didapatkan pun akan Agen PAY4D Terpercaya lebih maksimal. Ikan lele adalah jenis ikan yang mudah untuk beradaptasi dengan kondisi lingkungan di sekitarnya.

Sedangkan untuk lele diatas 4 hari bisa diberikan pakan yang tinggi kandungan protein. Proses pemijahan lele merupakan tahap mengawinkan pejantan dengan betina. Lele yang sudah siap untuk kawin bisa terlihat dari warna alat kelaminnya. Untuk alat kelamin pejantan akan berubah menjadi merah, sedangkan untuk alat kelamin betina akan berubah menjadi kuning.

Hal pertama yang perlu dilakukan bila ingin budidaya lele dengan hasil memuaskan adalah mencari benih ikan berkualitas paling tidak besarnya sekitar 5 hingga 7 cm. Selain dilihat dari ukurannya, lele bekualitas memiliki kepala dan tubuh yang besarnya seimbang. Selain itu, bibit ikan leleh yang bagus juga memiliki gerakan lincah dengan warna sungut tidak pucat. Untuk mengetahui lebih jauh tentang pengendalian penyakit silahkan bacapengendalian hama dan penyakit ikan lele. Dalam pengembangbiakan ikan lele, cobalah siapkan terlebih dahulu ember yang diisi air kolam untuk menampung bibit lele. Cara seperti ini supaya lele tidak mengalami stres yang bisa menyebabkan kematian, ketika sudah menyiapkan kebutuhan bibit lele.

Lokasi beternak lele harus memiliki sumber air yang tidak tercemar, baik itu limbah industri, maupun limbah rumah tangga. Dengan demikian, complete biaya bulanan budidaya ikan lele adalah Rp 1.1 juta. Sehingga, total keseluruhan modal yang dibutuhkan untuk menjadi pebisnis ternak lele adalah Rp 2,050,000. Ikan lele adalah jenis ikan yang mudah untuk beradaptasi dengan kondisi lingkungan sekitarnya. Karena alasan inilah mengapa banyak pebisnis ikan lele yang tidak kebingungan lagi saat membuat kolam dan menjaga kondisi air di dalamnya. Itulah yang bisa kita pelajari tentang cara cara beternak ikan lele di kolam terpal.

Sudah pernah dibahas pada postingan sebelumnya bahwa budidaya ikan ini dapat dilakukan hanya dengan menggunakan media ember. Ukuran ember yang mungkin tidak sampai berdiameter 1 meter jelas sangat cocok dan aplikatif untuk melakukan ternak lele di rumah. Tak hanya itu, bibit ikan lele yang berkualitas juga lebih mudah dicari dan banyak dijual di pasaran.

Namun bila kotoran terlalu banyak tetap saja perlu dibuang supaya tidak meracuni lele. Karena kotoran lele mengandung amoniak yang dapat meracuni bahkan membuat lele mati. Kualitas air yang baik sangat menentukan pertumbuhan dan perkembangan ikan lele. Jika air mulai bau atau beraroma tidak sedap, sebaiknya membuang air bagian bawah kemudian tambahkan air baru. Selain itu, suasana kolam haruslah tenang dan berwarna keruh dengan sedikit aksen hijau dari lumut.

Kolam tanah merupakan tempat budidaya ikan lele dimana dinding dan lantai kolam tidak dialasi dengan lapisan apapun. Kolam tanah dibuat dengan cara menggali tanah dengan kedalaman dan ukuran tertentu yang disesuaikan dengan kebutuhan. Untuk mencapai keberhasilan budidaya lele, dalam membuat kolam tanah harus memperhatikan kondisi lingkungan, tekstur tanah, ketersediaan air dan faktor-faktor lainnya. Pembuatan kolam ikan lele tidak bisa dilakukan secara asal-asalan, sebab kondisi kolam merupakan salah satu faktor penentu suksesnya budidaya lele. Tidak semua jenis tanah baik untuk kolam ikan, tanah liat berpasir adalah jenis tanah yang paling baik untuk membuat kolam ikan. Tanah liat berpasir memiliki tekstur yang padat dan stable serta kedap air sehingga air kolam tidak mudah surut dan tidak mudah meresap ke dalam tanah.