Adaptasi Kreatif Dan Sikap Profesional

Jawabannya sangat sederhana, hal ini dikarenakan integritas memiliki korelasi yang sangat kuat dengan dedikasi dan upaya untuk mencapai tujuan dalam suatu organisasi. Seorang pegawai yang berintegritas tidak akan mudah tertarik dalam penyalahgunaan wewenang, melanggar hukum/aturan, dan melakukan kegiatan yang melanggar kode etik dan kode perilaku dalam bekerja. Komitmen dan loyalitas menjadi hal yang sangat penting bagi pegawai yang berintegritas dalam melaksanakan pekerjaannya, bukan terhadap orang yang menjabat namun terhadap institusi tempat pegawai tersebut bekerja.

Dari hal diatas memiliki sikap profesional dalam pekerjaan dapat membantu Anda dalam menjadi pribadi yang dapat dihandalkan dalam pekerjaan. Akan tetapi menjadi sosok yang profesional tidak membuat Anda melupakan kehidupan Anda selain bekerja seperti kehidupan pribadi. Hanya saja dengan menjadi seseorang profesional dapat membantu Anda dalam mengatur kelancaraan karir Anda. Dunia kerja tidak hanya memerlukan seseorang yang memiliki pengetahuan dan pengembangan diri yang bagus akan tetapi lebih pada sikap dan sifat. Dimana sikap dan sifat yang kurang baik ini dapat mengakibatkan kehancuran karir seseorang. Sehingga Anda perlu memiliki sikap dan sifat yang baik seperti jujur, integritas, bertanggung jawab dan santun.

Karyawan yang memiliki sikap profesional tentunya akan berorientasi pada masa yang akan datang. Sehingga ia akan mampu untuk beradaptasi dalam setiap ruang lingkup pekerjaan dan juga tantangan baru. Supriano juga menjelaskan bahwa ada tiga kriteria guru profesional. Pertama, guru profesional adalah guru yang telah memenuhi kompetensi dan keahlian inti sebagai pendidik. Perubahan zaman mendorong guru agar dapat menghadirkan pembelajaran abad 21, yaitu menyiapkan peserta didik untuk memiliki keterampilan berpikir kritis, kreatif, inovatif, komunikatif, dan mampu berkolaborasi.

Pertahanan diri saat safety menghadapi serangan dari orang lain baik dengan menggunakan senjata tajam ataupun senjata yang tumpul. – Pakaian atau seragam dan penampilan rapi, bersih sesuai ketentuan tentang seragam satpam. Memiliki lingkungan/budaya/politik yang tidak mendukung merupakan hal yang bisa kamu acuhkan. Buatlah dirimu menjadi pribadi yang tidak terpengaruh oleh lingkungan dan dapat menyesuaikan dengan kondisi apapun.

Bagaimana untuk selalu mempunyai sikap profesional

Belajar dari modul “Integritas Untuk Umum”, KPK RI menekankan bahwa definisi integritas secara umumnya adalah bertindak secara konsisten sesuai dengan apa yang dikatakan. Tentu saja, hal ini tercermin dengan nilai-nilai yang terkandung didalamnya yaitu jujur, disiplin dan bertanggung jawab. Jika dikaitkan dengan pekerjaan kita sehari-hari, maka etos kerja yang mandiri, kerja keras dan sederhana menjadi cerminan dari seorang pegawai yang berintegritas. Mungkin banyak dari kita bertanya-tanya mengapa integritas diperlukan dalam melakukan pekerjaan kita?

“Dokter juga harus selalu mengupdate ilmunya agar tidak terjadi regresi atau kemunduran ilmunya. Hal itu rawan terjadi terutama ketika dokter menjalani praktik di daerah pelosok yang minim sarana infrastruktur misalnya jaringan web serta jarang mengikuti seminar untuk meningkatkan keilmuannya,”tegasnya. PRAGMATIC PLAY Nah, ini juga akan dirasakan oleh teman kerja maupun atasan, jika Anda sendiri pun bersikap demikian. Maka, usahakanlah untuk selalu fokus saat mendengarkan lawan Anda bercerita. Tahan terlebih dahulu hasrat untuk bercerita dengan teman kerja, terutama saat Anda mendapat tugas dari atasan.

Sejak berdirinya Boedi Oetomo tahun 1908, beliaunya aktif di seksi propaganda untuk menyosialisasikan dan menggugah kesadaran masyarakat Indonesia pada waktu itu mengenai pentingnya persatuan dan kesatuan dalam berbangsa dan bernegara. Beliaunya juga menjadi anggota organisasi Insulinde, suatu organisasi multietnik yang didominasi kaum Indo yang memperjuangkan pemerintahan sendiri di Hindia Belanda, atas pengaruh Ernest Douwes Dekker . Ketika kemudian DD mendirikan Indische Partij, Soewardi diajaknya pula. Harus memiliki sifat kepemimpinan, memberikan keteladanan dan lugas dengan dilandasi oleh sikap kekeluargaan. Dengan adanya kemudahan tersebut, kamu bisa memanfaatkannya untuk meningkatkan kualitas sebagai seorang pengacara yang hebat.