17 Cara Ternak Lele Dumbo Paling Jitu Dan Sukses

Namun demikian, tetap perlu dijalankan dengan cermat dan konsisten agar bisnis dapat berjalan dengan sukses. Pilihlah ikan lele yang sehat bebas dari bibit penyakit, tubuhnya licin, kulitnya mengkilap, tidak ada cacat pada tubuh, gerakannya yang lincah sehingga gaya renangnya regular. Untuk kolam terpal anda bisa membuat ukuran 2 x 4m, atau three x 5m tergantung jumlah bibit yang ingin anda budidayakan.

Cara mengatasinya dengan mengendapkan beberapa hari atau diberi pupuk kandang hingga berwarna hijau. Ikan lele merupakan jenis ikan yang dapat hidup dalam keadaan air yang jernih maupun keruh. Untuk memelihara ikan lele tidak membutuhkan tempat yang luas, anda bisa menggunakan sebagian lahan di sekitar rumah anda. Sebelum menebar benih ikan lele, sebaiknya lakukan dulu penyesuaian kondisi lingkungan. Caranya dengan memasukkan benih beserta wadahnya ke dalam kolam.

Satu bulan setelah bibit dilepas, kolam dijarangkan, lele disortir lele yang besar-besar sebesar batu baterai. Sekitar empat kwintal KKG628 Slot lele sebesar batu baterai itu dipindahkan ke kolam lain. Kalau tidak seragam lele yang kecil dimakan lele yang lebih besar.

Bagaimana cara berternak lele

Hal itu karena proses penangkapan atau pemindahan ikan lele tersebut tidak menyulitkan para peternak. Ikan lele yang dihasilkan tidak berbau lumpur, hal ini tentu saja dikarenakan lele tidak langsung menyentuh dasar kolam yang umumnya terbuat dari tanah. Ikan lele yang tidak berbau lumpur tentu saja menghasilkan cita rasa yang lebih enak dibandingkan dengan lele yang dirawat di kolam biasa. Ikan lele yang memiliki cita rasa yang enak dan tidak berbau, umumnya menjadi incaran tempat-tempat bisnis kuliner yang berskala lebih tinggi seperti resort dan restoran. Tentu saja hal ini membuat harga jual ikan lele menjadi lebih tinggi. Sedangkan untuk wilayah Jepang, Taiwan, Vietnam dan juga Tiongkok, jenis ikan lele yang menyebar di sekitar wilayah ini berjenis Clarias Fuscus.

Sebaiknya, jangan terlalu padat karena ikan lele akan mudah terserang penyakit. Tanpa melalui cara berternak lele menggunakan teknologi, pengusaha dapat menghasilkan benih ikan lele dalam waktu yang cukup lama sampai 8-9 minggu sejak benih menetas. Namun, kekurangannya ukuran benih lele siap panen berkisar 5-7 cm. Untuk budidaya ikan lele secara fashionable harus dimulai dengan memilih jenis ikan lele yang mudah dalam pemeliharaan dan cepat panen, serta cepat besar dalam pertumbuhannya yaitu lele dumbo. Jenis ikan ini dapat berkembang biak dan hidup normal di dalam kolam yang keadaan airnya kotor dan berbau.

Saat ini, tersedia banyak merek dan jenis pakan lele di pasaran. Pakan yang paling baik untuk lele adalah pakan yang menyediakan Food Conversion Ratio lebih kecil dari satu. Dengan kedalaman yang disebutkan di atas, sinar matahari masih bisa menembus hingga dasar kolam dan memungkinkan biota dasar kolam tumbuh dengan baik. Umumnya, air kolam yang sudah ditumbuhi fitoplankton akan berwarna sedikit kehijauan. Lalu diamkan air tersebut di dalam terpal selama 7-10 hari untuk pembentukan lumut dan fitoplankton. Jika sudah muncul lumut tersebut, tambahkan air dengan ketinggian kurang lebih cm.

Ikan lele memang memiliki daya tahan tubuh yang kuat, namun, bukan berarti ikan ini tidak bisa terkena hama dan penyakit. Virus, jamur, serta bakteri pun dapat membuat pertumbuhan ikan lele menjadi tidak maksimal, atau bahkan gagal panen. Untuk itu, usahakan untuk selalu memantau kondisi air kolam dan lingkungan sekitar. Sebab hasil panen ikan lele secara fashionable bisa menghasilkan dua kali lipat dari cara ternak biasa. Selain cara budidaya yang mudah dan menyenangkan ternak lele trendy juga menguntungkan hasil besar. Selain usaha beternak lele di dalam kolam menjanjikan untung besar sekali panen, begitupula bisnis olahan ikan lele.

Dan kalau tidak dikasih pelet pabrikan, pertumbuhannya tidak cepat sehingga nilai keekonomiannya menjadi hilang. Akhirnya pengeluaran konsumsi rumah tangga yang lain harus dialihkan untuk ngasih makan lele. Jadi setelah urusan bibit yang tidak selesai, kebutuhan peletnya jelas harus nombok. Salah satunya dengan daun sente yang banyak tumbuh liar di sawah-sawah dekat rumah. Karena targetnya hanya sebagai konsumsi keluarga, lele yang tidak cepat besar dianggap bukan masalah.

Waktu – waktu yang pas untuk digunakan saat menebar bibit adalah di saat siang dan sore. Bisa pak, itu prilaku kanibal akibat kekurangan asupan pakan salah satunya mineral. Untuk mengatasinya sebaiknya pemberian pakan jangan sampai terlambat dan tebaran pakan merata. Atau Cara kedua dengan melakukan sortasi berkala berdasarkan ukuran pak, untuk meminimalisir dominasi perebutan pakan lele.

Air yang digunakan di dalam kolam lele, tidak disarankan untuk diganti sebelum masa panen, kecuali ada penyakit. Telat memberi pakan bisa mnyebabkan lele kanibal alias memakan temannya sendiri. Pemberian pakan yang kurang akan mengakibatkan lele menjadi kanibal karena kelaparan. Oleh karena itu, perlu memilih pakan yang berkualitas dan sesuai dengan porsi berat lele. Pakan juga perlu dicampur probiotik dan kurangi dosis pakan jika sudah terbentuk flok/gumpalan. 6.Gunakanlah strimin/penutup lain menutup ember agar ikan lele tidak loncat.