Sehat

Hormon yang sama juga membantu membentuk masa otot dan mendukung kinerja otak, sehingga anak tumbuh lebih pintar dan kuat. Saat tidur, tubuh kita melepaskan hormon yang membantu memperbaiki jaringan serta sel-sel di dalam tubuh. Padahal, manfaat tidur dan beristirahat cukup tidak berhenti di situ. Sayangnya, kebanyakan orang tidak menyadari betapa pentingnya waktu beristirahat untuk tubuh di malam hari. Dolanan tradisional bukan hanya sekedar permainan yang akan memberi dampak gembira. Manfaat itu di antaranya adalah melatih kecerdasan otak serta motorik anak dan bisa membentuk karakter pada anak.

Cara agar anak mau tidur siang

Ini biasanya meliputi 2 kali tidur siang sekitar 20 menit sampai beberapa jam. Selain itu, ia jarang terbangun meski sedang disusui di malam hari. Namun, ia mulai mengalami kecemasan berpisah, yang dapat mengganggu waktu tidur. Suatu hal yang dilakukan secara konsisten akan menjadi kebiasaan yang sulit ditinggalkan.

Hal ini akan membuat buah hati sulit tidur pada malam hari. Orang tua harus tetap memprioritaskan istirahat buah hati agar suasana hatinya terus stabil dan perkembangannya lebih lancar. Salah satu hal penting yang perlu diajarkan pada bayi adalah bagaimana caranya untuk mengatasi rasa mengantuk.

Tetapi energi anak yang begitu besar seringkali membuatnya susah tertidur di malam hari. Salah satu cara agar anak bisa tidur siang ialah saat mereka merasa lelah karena beraktivitas. Jangan halangi anak untuk bermain sejak pagi menuju waktu tidur siangnya, Bun. Untuk itu, Mama bisa tutup tirai kamar dan hindari melakukan aktivitas yang akan menimbulkan suara keras saat waktunya si kecil tidur siang. Agar si kecil mau tidur siang dengan sendirinya, ciptakan ritual menjelang tidur siang yang melibatkan buku dan musik. Mama bisa membacakan buku atau bercerita sembari memutar musik yang lembut di telinga.

Jadi tidak heran jika ia menolak bujukan orangtuanya untuk tidur siang ketika masih asyik bermain. Ia tidak ingin melewatkan waktu sedikit pun untuk bermain bersama temannya. Supaya suasana makin positif, bisa juga nih kita mendongeng untuk anak. Ingat, mendongeng nggak cuma dilakukan di malam hari kok karena kita juga bisa melakukannya di siang hari. Pilihkan satu cerita dan biarkan anak ngantuk sampai akhirnya terlelap di tengah cerita. Apabila selesai beraktivitas, jangan lupa untuk mengganti baju dan mencuci tangan anak, ya.

Di mana durasi tidur malam lebih lama ketimbang tidur siang. Bayi memang memiliki jam tidur yang lebih banyak dibandingkan orang dewasa. hal ini untuk mendukung perkembangan otak dan fisik mereka. Si Kecil pun menggunakan sekitar 40 persen waktunya untuk tidur setiap hari.

Sebisa mungkin matikan televisi atau apapun yang bisa mengganggu proses tidur anak. Bunda bisa menjadwalkan tidur siang sebagai agenda rutin sehari-hari anak. Jadi, kalau anak terbiasa tidur pada jam tertentu, ia akan mengantuk dengan sendirinya. Jika anak masih mengalami kesulitan tidur siang, jangan mudah menyerah dan coba lakukan cara membuat anak tidur siang di atas.