Rumah Sakit Santo Yusup » Tips Mengatasi Anak Susah Makan

Jangan membaut anak meras tertekan, tapi buatlah atmosfir yang menyenangkan. Dalam cara mengatasi anak susah makan saat makan bersama, ibu harus terlihat sedang menikmati makanan sendiri. Anak-anak perlu sering melihat, mencium, dan menyentuh makanan baru selama beberapa kali sebelum mau mencicipinya. Makanya, cara mengatasi anak susah makan bisa dilakukan dengan memberi anak waktu untuk belajar tentang makanan yang yang ditawarkan. Dalam cara mengatasi anak susah makan, meja makan yang berantakan nggak perlu terlalu dipermasalahkan.

Setiap orang tua pasti ingin anaknya makan makanan sehat dengan lahap. Anda juga pasti senantiasa semangat dan pantang lelah menyiapkan makanan untuknya. Tentunya dengan ekspektasi bahwa ia akan menyikat habis makanan di piringnya dengan senyum yang menawan dan mengucapkan terima kasih atas masakan yang enak pada Anda. Hal ini perlu disesuaikan dengan kondisi dan lingkungan anak supaya jadwal makan terasa menyenangkan.

Orang tua harus dituntun mengikuti apa maunya anak namun juga tidak serta merta mengabulkan apa saja yang diinginkannya. Jenis makanan apa dan kapan waktunya adalah hal yang sering anak inginkan. Jika RAS dalam keadaan tertutup, maka Anda akan kesulitan memasukkan sugesti positif ke dalam pikiran anak.

Bagaimana cara untuk mengatasi anak yang susah makan

Sebaiknya Moms hindari segala perlakuan yang berhubungan denganrewards and punishment.Hal ini dapat membentuk kebiasaan yang buruk pada anak. Cara terburuk untuk meningkatkan nafsu makan anak adalah dengan memaksanya agar mau makan. Sebab, dengan semakin anda memaksa, anak pun biasanya akan semakin menolak untuk makan. Jika si kecil sakit, seperti terserang batuk pilek atau demam, biasanya susah makan karena tidak ada nafsu makan. Hal terbaik adalah memberinya banyak minum yang sangat dibutuhkan dan cobalah memberikan makanan yang ia disukai sedikit demi sedikit. Jika si kecil tetap tak mau makan sehingga menjadikannya lemah, maka konsultasikan dengan dokter.

three.Cara Mengatasi Anak susah nafsu makan –Jika senang memberi cemilan, berikan cemilan jauh sebelum waktu makan tiba. Hindari pemberian cemilan berupa coklat, permen, snack yang mengandung penyedap rasa karena dapat mengurangi nafsu makan anak . Jadi sang buah hati masih bisa terjaga asupan nutrisi dan gizinya. Oleh karena itu, sebisa mungkin Ibu Super menyiapkan camilan yang berwarna namun yang berasal dari sayuran dan buah-buahan. Atur Jadwal MakanJadwal makan ini memang harus diatur ya Moms. Selain itu, penting untuk tahu apakah anak sedang mengantuk atau tidak.