Minimnya Akses Web Jadi Kendala Pembelajaran Daring Di Daerah Terpencil

Orasi Kandidat Calon Ketua HMJ Akuntansi 2021 dilaksanakan pada Jumat-Minggu, Oktober 2020 secara daring melalui Zoom. Penghitungan Suara Pemilihan Ketua HMJ Akuntansi Periode 2021 telah dilaksanakan pada Minggu, 25 Oktober 2020 di Ruangan Kelas Internasional Gedung Jurusan Akuntansi. Lomba Akuntansi X terdiri dari 2 babak yaitu Babak Penyisihan dan Babak Final. Babak Penyisihan dimulai pukul 09.30-10.30 WITA dengan pengawasan melalui Google Meet dan soal diakses melalui Google Form.

Jika tenaga pendidik memakai bahan ajar yang ketinggalan zaman, tentu kegiatan mengajar menjadi kurang maksimal. Kepala Dinas Pendidikan Lombok Tengah, Bapak H. Sumum mengatakan sangat menyambut baik program rintisan SETARA. Ia merasa terbantu saat sekolah-sekolah di Lombok Tengah mendapat dukungan dari INOVASI. Ia berharap ke depannya akan ada lebih banyak sekolah di Lombok Tengah yang mengadopsi SETARA dan seluruh sekolah pun dapat diberikan informasi mengenai SETARA dimulai tahun 2018 melalui dana APBDP dan APBD di tahun 2019.

Berbagai program pendukung diluncurkan, seperti paket web yang secara khusus menyasar pasar pelajar. Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini mengaku belum dapat menjelaskan secara detail dari konsep kerjasama dengan pihak provider tersebut. Lebih lanjut, Heru menuturkan, diperlukan formulasi agar inisiatif semacam ini tidak dilakukan per wilayah, tapi menyeluruh. Tidak hanya infrastruktur, konten pembelajaran juga perlu diperhatikan dan disiapkan. Kedua cerita di atas mungkin hanya mewakili sedikit saja kisah, tentang keterbatasan bagi pelajar Indonesia untuk mengikuti instruksi pemerintah bersekolah daring. Selain kendala di atas, permasalahan PTS Daring dapat juga berasal dari kedisiplinan siswa yang masih rendah.

HP kami harus selalu aktif, harus siap menjawab pertanyaan orang tua yang kesulitan atau kurang faham dengan penugasan hari ini. Tugas yang berupa kiriman video harus kami nilai dan beri tanggapan. Pelaporan dari orang tua kami tunggu sampai malam, bahkan sampai pukul 21.00, karena orang tua baru ada kegiatan Begitu yang dikerjakan guru setiap harinya selama kegiatan belajar mandiri di rumah. Dari sisi guru sebagai pengajarpun, menyampaikan bahwa pembelajaran jadi lebih panjang, bahkan bisa 12 jam dalam sehari. WA group kelas harus selalu aktif, karena tugas yang dikirimkan anak waktunya berbeda dengan kesiapan orang tua. Lima pekan sudah berlalu, siswa sudah mulai bosan dengan kegiatan rutin tersebut.

Namun, daya juang yang tinggi dalam mewujudkan mimpi itulah yang membawa orang-orang tersebut menggapai kesuksesan. Beliau mengajak siswa/i berpikir visioner perihal generasi mereka selanjutnya. Kalau kalian ingin langsung kerja, kalian harus masuk SMK karena SMK itu khusus untuk mencetak angkatan kerja.” Jelasnya di hadapan para siswa. Beliau sepakat bahwa SMA pun dapat mencetak angkatan kerja, tetapi dengan kondisi minim pembekalan kompetensi. Guru adalah pembangun bangsa kita – kekuatan setiap profesi di negara kita tumbuh dari pengetahuan dan keterampilan yang dapat dibantu oleh guru untuk ditanamkan pada anak-anak kita.

Tidak ada hambatan bekerja bagi pelajar

Dengan demikian, kondisi di mana siswa tidak dapat belajar sebagaimana mestinya, baik dalam menerima maupun menyerap pelajaran, inilah yang disebut sebagai “kesulitan belajar”. Keempat, dan yang paling memprihatinkan, sebagian besar siswa yang diuji mendapatkan nilai Bahasa Indonesia dan matematika dua tingkat di bawah kelas yang mereka ikuti saat ini. Analisis kami mengaitkan hasil belajar murid yang rendah dengan pendidikan orang tua yang rendah; lebih sedikit waktu yang didedikasikan untuk pendidikan anak mereka; dan jauh lebih sedikit keterlibatan dengan komite sekolah dan guru. Profesi guru mempunyai tanggung jawab yang melekat dalam proses pengajaran. Keinginan untuk menghormati dan percaya diri terhadap rekan kerja, guru, orang tua dan anggota masyarakat memberikan dorongan untuk mencapai dan mempertahankan tingkat etika perilaku siswanya. Kode etik profesi guru menunjukkan aspirasi bagi semua guru dan memberikan standar untuk menilai perilaku dan etika.

Pengalaman lain yang tidak pernah terbayangkan di benak saya sebelumnya adalah saat seorang wali murid datang ke sekolah dengan sikap yang tidak sopan dan seolah ingin menghajar saya. Setelah saya memberi penjelasan mengenai hal yang dipermasalahkan, akhirnya insiden itu berakhir baik, adil, dan tidak merugikan pihak mana pun. Ternyata ada kesalahpahaman antara wali murid tersebut dengan saya. Proses yang seharusnya bisa selesai lebih cepat akan terhambat karena masalah peminjaman buku yang tidak tercatat dengan baik di perpustakaan kampus.

Siagian juga menemukan adanya indikasi bahwa etos kerja dapat muncul dikarenakan faktor kondisi geografis. Lingkungan alam yang mendukung mempengaruhi manusia yang berada di dalamnya melakukan usaha untuk dapat mengelola dan mengambil manfaat, dan bahkan dapat mengundang pendatang untuk turut mencari penghidupan di lingkungan tersebut. Dasar pengkajian kembali makna etos kerja di Eropa diawali oleh buah pikiran Max Weber.Salah satu unsur dasar dari kebudayaan trendy, Tembak ikan yaitu rasionalitas menurut Weber lahir dari etika Protestan. Sistem nilai ini tentunya akan mempengaruhi atau menentukan pola hidup para penganutnya. Cara berpikir, bersikap dan bertindak seseorang pastilah diwarnai oleh ajaran agama yang dianutnya jika ia sungguh-sungguh dalam kehidupan beragama. Dengan demikian, kalau ajaran agama itu mengandung nilai-nilai yang dapat memacu pembangunan, jelaslah bahwa agama akan turut menentukan jalannya pembangunan atau modernisasi.