Ketahui Eleven Ideas Agar Anak Mendapatkan Waktu Tidur Yang Cukup

Saat kondisi tidur aktif atau biasa disebut REM , aliran arah ke otak akan meningkat, dan hal ini akan membantu menjaga kesehatan psikis dan aktivitas otak bayi. Tidur siang yang berkualitas akan berefek pada tidur malam lebih baik juga. Karena itu, sebaiknya Bunda menghindari buah hati tidur mendekati waktu sore hari.

Cara agar anak mau tidur siang

Bayi akan mendapatkan hasil maksimal dari tidur siang jika ia tidur pada waktu yang sama setiap hari. Jika bayi bangun tak lama setelahnya dan tidak ada tanda-tanda mengompol, lapar, atau sakit, cobalah untuk bersabar dan tenangkan diri. Setelah bayi mulai terlelap, turunkan bayi dan letakkan bayi di tempat tidur dalam posisi terlentang, dan bersihkan tempat tidurnya. GridHEALTH.id – Tidur siang memberikan banyak manfaat bagi bayi, terutama untuk pertumbuhan dan perkembangannya.

Tetapkan rutinitas sebelum tidur, seperti mandi, membaca buku, dan menimang. Si Kecil mulai dapat beradaptasi, serta membedakan waktu siang dan malam. Pada siang hari, si Kecil akan sering tidur meski ia telah menghabiskan sebagian besar waktu malam untuk tidur. Sangat penting bahwa kondisi anda harus baik juga ketika Anda bersama bayi yang baru lahir. Minta bantuan orang tua, pasangan, atau teman dekat Anda, meskipun hanya satu jam sehingga Anda bisa mandi dan mengeringkan rambut.

Untuk itu, buatlah kegiatan tidur menjadi tenang dengan meredupkan lampu atau bisa juga menggunakan aksesoris glow at midnight. Bantulah bayi memahami bahwa siang hari saatnya makan dan malam hari saatnya tidur atau istirahat. Cobalah untuk memberi makan bayi setiap tiga jam sekali di siang hari. TIDUR siang adalah musuh bebuyutan hampir setiap anak kecil. Mereka lebih memilih untuk terus bermain daripada harus istirahat.

Maka dari itu, jaga buah hati tetap terhidrasi di siang hari, dan bila perlu, berikan tambahan air putih juga kalau usianya sudah di atas 6 bulan. Untuk bayi yang umurnya kurang dari 6 bulan, konsultasikan dulu pada dokter soal boleh-tidaknya memberikan air putih. Orang dewasa biasanya akan mudah mengantuk, terutama setelah makan. Jadi, Moms dapat menggunakan kesempatan ini untuk mengajak si kecil tidur siang. Namun, berikan waktu sekitar setengah sampai satu jam ya, sebelum mengajaknya untuk tidur. Jangan sampai karena ingin anak cepat mengantuk, ia harus makan dalam porsi yang besar.

Biasanya bayi akan mulai tidur sepanjang malam selama lima hingga enam jam. Anda bisa melatihnya dengan mencoba jam tidur yang lebih awal. Misalnya bayi terbiasa tidur pukul 10 malam, cobalah untuk membawanya tidur pada pukul 8 malam. Jika sulit bagi Anda untuk menjauh dari bayi saat dia menangis, menggunakan metode ini mungkin bukan pilihan terbaik. Pasti ada rasa tidak tega dan sedikit khawatir pada bayi Anda bukan?