5 Cara Ampuh Agar Balita Mau Tidur Siang

Jika anak sulit tidur, mengalami mimpi buruk yang terus-menerus, mendengkur, atau bernafas melalui mulut, kemungkinan mereka mengalami gangguan tidur. Katakan juga padanya jika ia semakin cepat tertidur maka ia bisa segera terbangun dan bermain lagi. Dengan motivasi tersebut ia akan bersemangat untuk tidur siang. Hormon kortisol ini akan memberinya energi yang lebih besar dan tahan lama untuk beraktivitas selanjutnya. Maka, anak yang sudah memiliki jadwal tidur secara tidak langsung jam biologisnya akan konsisten mengikuti waktu tersebut. Pernah nggak Mama Papa merasa sulit tidur ketika perut kosong?

Ajaklah si kecil agar beada tetap diatas tempat tidur sambil mendengarkan musik yang lebut atau dongeng dari Anda. Dengan begitu, ia tetap dapat beristirahat walaupun tidak tidur. Jika si Kecil tak juga mau berhenti bergerak, cobalah untuk membiarkan mereka sendirian sekitar 5-10 menit. Biasanya mereka akan menjadi lebih tenang, dan mulai mencari Ibu untuk merasa nyaman. Tubuh tidak bisa bergerak, pernapasan dan detak jantung tidak teratur. tirto.id – Anak-anak memerlukan waktu tidur yang cukup agar perkembangan otak optimal.

Ciptakanlah lingkungan yang nyaman untuk anak bisa tidur cepat. Misalnya, nyalakan AC atau kipas agar anak tidak kepanasan, matikan tv, matikan lampu kamar, dan lainnya. Mungkin Ibu akan membutuhkan waktu dan usaha ekstra hingga akhirnya bayi bisa terbiasa tidur siang. Jika Ibu terus berusaha, pasti perlahan usaha Ibu akan membuahkan hasil. Apabila masalah ini berlangsung lama dan bayi sering rewel, Ibu mungkin perlu berkonsultasi pada dokter untuk mendapatkan bantuan.

Cara agar anak mau tidur siang

Mengajak anak tidur siang merupakan tantangan tersendiri bagi sebagian orangtua. Bahkan beberapa dari mereka justru lebih memilih rewel saat disuruh tidur siang. Selain mendukung perkembangan otak, tidur siang juga bermanfaat untuk mengoptimalkan pertumbuhan fisik bayi. Di waktu tidur, ada banyak proses pertumbuhan yang terjadi di tubuh bayi.

Maka, pastikan anak telah makan siang sebelum berangkat tidur. Saat mendengarkan Ibu mendongeng, bayi perlahan akan mengantuk kemudian tertidur. Bayi yang mendapatkan cukup tidur siang akan membantu mengembangkan kemampuan kognitifnya.

Ini akan membantumu dengan dua hal; yakni mengatur waktu tetap bayi untuk tidur, dan agar bayi tidak terus terbangun di malam hari. Menjadi lapar dan haus adalah beberapa alasan utama si kecil bangun di malam hari. Pertanda ngantuk seperti menguap biasanya menjadi isyarat agar orangtua mulai menidurkan bayi. Selain menguap, ada beberapa tanda mengantuk lainnya yang perlu diperhatikan, seperti menggosok mata, menangis, hingga rewel.

Dalam beberapa minggu, waktu tidur siang Si Kecil akan mencapai waktu yang best. Memasuki usia balita, waktu tidur Si Kecil mulai berkurang dibanding saat ia masih bayi. Ia akan tidur lebih panjang di malam hari, dan tidur dengan interval lebih pendek di siang hari. Padahal menurut para ahli, anak-anak membutuhkan tidur siang untuk mencapai tumbuh kembang yang optimal. Meski sudah tidur siang, bukan berarti anak mendapati jam tidur yang cukup pada malam harinya.

Pada awalnya, bayi baru lahir biasanya memang susah tidur pada sepanjang hari, dan selalu terjaga di malam hari. Namun seiring bertambahnya usia mereka, pola tidur akan berubah dan anak bisa mulai dilatih untuk terbiasa tidur di malam hari. Tidur yang cukup, dengan kualitas tidur yang baik, akan membantu proses tumbuh kembang buah hati menjadi lebih maksimal. Selain itu, kulit yang bersih dan terawat juga mempengaruhi kualitas tidur buah hati. Tidak ada ukuran waktu yang dibutuhkan anak untuk tidur siang. Setiap anak memiliki waktu individual untuk istirahat berdasarkan usia dan whole tidur selama 24 jam.

Bayi yang pilek atau mengalami infeksi saluran pernafasan bisa bangun untuk batuk atau karena merasa hidungnya tersumbat. Solusinya, letakkan humidifier dalam kamarnya untuk membantu meringankan gejalanya. Dan kalau yang ia alami adalah sakit perut, maka oleskan pasta air asafoetida di sekitar pusarnya. Untuk melatih anak mandiri saat tidur , maka tidurkan ia tanpa bantuan alat apapun saat ia mulai mengantuk.